Bluetooth, AirPlay, dan Streaming Audio Play-Fi

Sep 3, 2018

0

Bluetooth, AirPlay, dan Streaming Audio Play-Fi

[ad_1]

Salah satu tren terbaru di home theater adalah streaming audio ke penerima home theater Anda dari perangkat iOS atau Android Anda. Anda dapat melakukan ini melalui aplikasi dan koneksi Wi-Fi (AirPlay atau Play-Fi), atau melalui Bluetooth. Tapi itu tidak sesederhana itu; ada banyak cara untuk mendapatkan audio Anda dari ponsel atau tablet ke speaker Anda. Saya akan mencoba untuk membahas cara-cara utama hal ini dilakukan di sini, tetapi pada akhirnya Anda perlu memahami kebutuhan Anda dan pro dan kontra dari masing-masing metode.

Streaming Audio Wi-Fi

Ada beberapa cara bagi Anda untuk menggunakan jaringan rumah nirkabel Anda untuk mengalirkan audio. Anda dapat memilih salah satu dari beberapa format kepemilikan atau Anda cukup menghubungkan laptop atau PC Anda ke jaringan dan menggunakan layanan DLNA untuk menarik audio dari perpustakaan Anda. Ketika kita berbicara tentang streaming Wi-Fi, bagaimanapun, kami biasanya mengacu pada format kepemilikan. Ada banyak, tetapi di sini ada beberapa pemimpin:

Apple AirPlay

Apple AirPlay adalah protokol streaming Wi-Fi yang memungkinkan Anda dengan mudah mengalihkan musik dari perangkat iOS Anda ke penerima surround atau speaker yang didukung. Hal tentang AirPlay yang membuatnya menarik adalah bahwa, sebagai teknologi nirkabel, AirPlay beroperasi di atas jaringan nirkabel yang ada di rumah Anda. Anda cukup menghubungkan perangkat Anda ke jaringan rumah Anda, dan ketika Anda mengaktifkan AirPlay perangkat iOS Anda akan membiarkan Anda mengirim musik atau video ke perangkat yang kompatibel di jaringan. Jika Anda kebetulan memiliki beberapa perangkat Airplay di rumah Anda, Anda dapat melakukan streaming secara individual atau sekaligus.

Play-Fi

Play-Fi, yang dimiliki oleh DTS, adalah format media streaming baru yang berfungsi pada perangkat yang kompatibel dan melayani khususnya untuk pasar perangkat yang diberdayakan Android. Seperti AirPlay, dan tidak seperti sistem kepemilikan seperti Sonos, Play-Fi menghubungkan perangkat melalui jaringan WiFi yang ada. Satu-satunya masalah hadir dengan Play-Fi adalah bahwa, menjadi teknologi baru, hanya ada beberapa perangkat yang saat ini mendukungnya. Play-Fi juga belum banyak bermitra dengan banyak penyedia media streaming, jadi Pandora dan Spotify adalah penyedia musik utama untuk aplikasi yang kompatibel. Sebaliknya, AirPlay bekerja di hampir semua aplikasi penyedia media streaming utama, memberi Anda sumber musik tanpa batas.

Dengan teknologi Play-Fi saat ini, dukungan file terbatas pada kualitas 16-bit 44.1kHz (CD) untuk saat ini, tetapi dukungan audio hi-res pada resolusi hingga 24-bit sedang dalam perjalanan.

Jaringan Jaring Proprietary

Ada sejumlah jaringan mesh proprietary yang naik di atas jaringan WiFi Anda yang ada untuk menghubungkan perangkat. Salah satu yang paling populer adalah Sonos, yang memiliki berbagai speaker dan titik akses bertenaga atau tidak bertenaga yang dapat terhubung ke jaringan di dalam rumah untuk memutar musik. Mereka bahkan memiliki soundbar dan kemampuan (dengan pembaruan terbaru) untuk menggunakan kembali speaker Sonos yang ada untuk digunakan sebagai saluran surround.

Jaringan mesh proprietary hampir secara universal datang dengan batasan dan biaya. Mereka terbatas pada pabrikan tunggal sehingga pemilihan produk Anda cenderung tumbuh sangat lambat. Sistem proprietary juga biasanya sangat mahal karena dirancang untuk menjadi ekosistem ke dalam diri mereka sendiri, dengan perangkat lunak kontrol khusus dan fitur unik yang tidak tersedia pada sistem lain. Speaker Denon HEOS serupa dengan jenis sistem ini kecuali itu, tidak seperti Sonos, mereka naik di atas jaringan WiFi Anda yang ada.

Streaming Audio Bluetooth

Teknologi nirkabel Bluetooth adalah standar yang dirancang untuk jarak pendek (menggunakan band dari 2,40-2,48 GHz) hingga 30 kaki.

Anda mungkin berpikir streaming audio Bluetooth adalah "penunjukan" tunggal. Ini bukan. Ada berbagai versi dan profil, tetapi kami dapat membantu membersihkan profil paling umum yang digunakan untuk streaming audio. Versi Bluetooth terbaru hampir selalu yang terbaik, membutuhkan pengaturan paling sedikit, memberi Anda lebih banyak fleksibilitas dan menawarkan kualitas audio tertinggi.

Profil Distribusi Audio Lanjutan (A2DP)

Anda akan melihat sebutan A2DP banyak ketika Anda melihat speaker dan perangkat Bluetooth untuk streaming audio. A2DP hanya mengacu pada Bluetooth yang dirancang untuk transfer audio stereo satu arah. Yang penting untuk interaksi pengguna, pengaturan, dan fitur adalah versinya. Sudah ada tujuh, tetapi yang terbaru adalah V.4.

Bluetooth V.4 juga disebut "Bluetooth Smart" dan telah keluar sejak tahun 2010. Ini termasuk Bluetooth standar serta kecepatan tinggi Bluetooth berbasis WiFi dan protokol energi rendah Bluetooth. Ada dua masalah besar dengan Bluetooth yang membuatnya benar-benar diadopsi sebagai standar audio nirkabel terkemuka di masa lalu. Untuk satu, pada awalnya dirancang sebagai pengganti untuk Ethernet dan kabel USB tethering perangkat bersama di desktop. Itu berarti bahwa konektivitas jarak jauh tidak melekat dalam desain. Dengan batas 30 kaki, audio Bluetooth secara alami terbatas dalam bagaimana ia dapat berfungsi dalam skenario keseluruhan rumah. Masalah terkait lainnya adalah konektivitas. Bluetooth memungkinkan banyak sekali metodologi pairing, mulai dari verifikasi kode sandi hingga pemasangan perangkat yang mendekati otomatis. Ini masih merupakan crapshoot untuk sistem mana yang akan digunakan perangkat tertentu dan seberapa mudah atau sulitnya untuk terhubung. Dalam beberapa tahun terakhir sebagian besar perangkat Bluetooth baru telah menggunakan metode penemuan yang lebih baik dan lebih nyaman.

Apt-X Audio Bluetooth Berkualitas Tinggi

Masalah besar kedua dengan Bluetooth adalah kualitas suara. Audio Bluetooth jauh lebih rendah kualitasnya dibandingkan streaming tanpa kehilangan melalui WiFi. Untuk mengatasi ini, lapisan khusus produsen telah ditambahkan untuk mengaktifkan fungsi yang tidak tersedia secara default dalam Bluetooth standar. Dari jumlah tersebut, Apt-X tampaknya yang terbaik, menawarkan kualitas hampir tanpa kehilangan tapi tetap mengoptimalkan aliran untuk memperhitungkan kebutuhan bandwidth akun dari format.

Apt-X tampaknya telah menjadikan Bluetooth sebagai metode streaming yang layak, khususnya untuk perangkat portabel dan PC yang terhubung.

Bluetooth vs. Format Streaming "yang lain"

Jadi kembali ke topik asli kami, masalahnya adalah yang masuk akal untuk streaming audio. Jika Anda melihat kualitas audio maka streaming aliran media resolusi tinggi yang tidak ada habisnya adalah cara yang tepat. Apt-X Bluetooth sangat cocok di sini, tetapi membutuhkan sedikit lebih banyak kedekatan dengan sistem AV host Anda.

AirPlay juga memungkinkan untuk 44.1kHz streaming stereo lossless dan dapat menjadi sarana yang bagus untuk mengirim dan menerima streaming media melalui jaringan nirkabel Anda yang ada.

Apa yang mungkin ingin Anda hindari, jika kualitas adalah tujuan Anda, adalah streaming Bluetooth standar. Bluetooth stok sangat banyak media lossy dan ada perbedaan besar antara itu dan file lossless. Perbedaannya lebih dari sedikit terlihat. Sayangnya, pilihan Anda yang lain akan sedikit lebih eksklusif, dengan AirPlay memimpin jalan dan Play-Fi baru saja mulai keluar dari ruang istirahat dan terlihat penuh harapan. Tentu saja, sistem streaming musik eksklusif juga merupakan pilihan, tetapi mereka biasanya mahal dan menawarkan perangkat keras yang terbatas yang kompatibel dengan sistem streaming audio jaringan.

[ad_2]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *